Gunung Argopuro

Bremi
  • Gunung
  • Ranu
  • Savana
  • Petualang
  • Berkemah
  • Daki Gunung
  • Jelajah

Sekilas

Gunung Argopuro merupakan gunung dengan trek terpanjang di pulau Jawa. Sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.

Fauna-fauna seperti Kijang, Rusa, Babi Hutan, Ayam Hutan, Merak, dan Kucing hutan dapat dijumpai di pos Cikasur. Disitu juga masih terlihat sisa-sisa bandara perintis yang dibangun Jepang.

Galeri

Pergi Ke Sana

INFO PENTING: Perjalanan pendakian gunung Argopuro biasanya melalui satu jalur panjang dengan titik berangkat dan titik pulang berbeda. Jika mengambil perjalanan jalur Bremi biasanya pendaki memiliki jalur pulang ke Baderan. Dan sebaliknya, jika berangkat dari Baderan, maka ambil jalur pulang Bremi.

 

Jalur pendakian via Bremi

Dari stasiun/terminal kota Probolinggo lanjut naik bus AKAS kecil jurusan Bremi. Sesampai di Bremi, Anda harus ke mendaftar terlebih dahulu ke Polsek Bremi atau Basecamp Bremi (Bpk. Arifin  /  0852-0494-1081  /  0822-3151-6975  /  0857-4577-1352).


Trek via Bremi (naik ±14,5 jam, turun ke Baderan ±6 jam):

Polsek Krucil (Bremi) – Danau Taman Hidup (4jam) – Hutan Lumut (30menit) – Cemara Lima (2jam) – Angkene (3jam) – Cisentor (2jam) – Rawa Embik (2jam) – Puncak (1jam)

 

Jalur pendakian via Baderan

Dari stasiun/terminal kota Probolinggo lanjut naik bus AKAS kecil jurusan ke Besuki, lalu dilanjutkan menuju Desa Baderan menggunakan angkot. Sesampai di Baderan, Anda harus ke mendaftar terlebih dahulu ke Polsek Sumbermalang atau melapor kepada pihak Perhutani.


Trek via Baderan (naik ±13 jam, turun ke Bremi ±7 jam)

Resort Perhutani – Pintu masuk hutan/Makadam (4jam) – Mata Air I KM 4,2 (2jam) – Mata Air II (2jam) – Cikasur (1jam) – Cisentor (1jam) – Rawa Embik (2jam) – Puncak (1jam)

Rute 1: Kota Probolinggo Bremi
Rute 2: Kota Probolinggo Baderan

Tips Wisata

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Argopuro kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10.00-13.00. Jika malam 18.00-19.00
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain

(infopendaki.com)

Informasi Lainnya

Sumber air

Danau Taman Hidup, Rawa Embik

 

Puncak

Puncak Rengganis, Puncak Arca, Puncak Argopuro

 

Pemandangan dari puncak

G. Semeru, G. Raung, G. Arjuno, G. Welirang

 

Mitos

Merupakan tempat persemedian Dewi Rengganis. Pendaki dilarang berteriak karena ada kisah pendaki yang hilang karena dianggap mengganggu Dewi Rengganis.

Gunung Argopuro terkenal sangat angker, gunung ini menyimpan misteri legenda Dewi Rengganis yang hilang bersama enam dayangnya. Konon, Sang Dewi bakal marah besar kalau merasa terusik ketenangannya. Pendaki yang suka usil dan mengusik, kalau tidak kesurupan bisa jadi akan kesasar tidak karuan.